Antara Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai

Jadi begini...
Ada beberapa kasus penumpang yang naik Kereta Commuter Line, mereka naik Commuter Line menuju stasiun yang benar, namun naik kereta yang salah, nah lho gimana tuh maksudnya!??

Jadi begini..
Rute Kereta Commuter Line Jabodetabek adalah sebagaimana tergambar pada gambar di bawah ini.

peta rute kereta commuter line jabodetabek

Memahami Peta Rute Perjalanan Kereta Commuter Line

Dari gambar di atas seolah-olah (melalui jalur berwarna oranye) bahwa jika Kamu ingin berangkat dari stasiun Depok menuju Stasiun Bekasi, Kamu harus naik dari Stasiun Depok, melewati stasiun Manggarai, menuju Stasiun Tanah Abang - Duri terus hingga Stasiun Jatinegara dan kemudian melanjutkan perjalan menuju Stasiun Bekasi. Jika seperti itu, kamu akan sampai ke Bekasi, namun kamu melewati jalur yang salah! karena sebenarnya antara Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara itu bersebelahan.

Beberapa Kasus

Jadi jika Kamu menggunakan kereta commuter line berangkat dari Stasiun Depok menuju Stasiun Bekasi, seharusnya Kamu turun di Stasiun Manggarai untuk transit, dan menunggu Kereta Commuter Line dari arah Kota menuju Bekasi, ini akan sangat menghemat waktu kamu daripada harus ikut kereta memutari jalur Sudirman - Tanah Abang - Duri -Kramat - Jatinegara.
Begitu pula dengan Kamu yang ingin menuju Stasiun Depok/Bogor dan berangkat dari Stasiun Jatinegara, sering terjadi penumpang malah ikut kereta tujuan Depok/Bogor yang berada di jalur 5 Stasiun Jatinegara (sesuai informasi yang diumumkan) dan ikut memutar melalui jalur utara (jalur berwarna oranye). Padahal seharusnya mereka ikut Kereta Commuter Line dari arah Bekasi menuju Kota dan turun di Stasiun Manggarai baru kemudian berganti kereta dan melanjutkan perjalanan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Depok/Bogor.
Suasana di Peron Stasiun Manggarai
penampakan suasans di Stasiun Manggarai

Contoh kasus lainnya adalah penumpang yang berangkat dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Kramat, mungkin beberapa penumpang akan ikut Kereta Commuter Line dari arah Depok (biasanya di jalur 5) menuju Sudirman - Tanah Abang - Kampung Bandan- hingga tiba di Stasiun Kramat, padahal perjalanan akan lebih singkat jika kita menuju Stasiun Jatinegara terlebih dahulu, baru kemudian transit dan berganti kereta di jalur 5 Stasiun Jatinegara baru menuju Stasiun Kramat. Kecuali jika Kamu ikut naik dari arah Depok misalnya, mungkin tanggung naik hingga Kramat daripada pindah-pindah kereta dengan berbagai barang bawaan. Atau juga alternatif lainnya, turun saja di Manggarai kemudian menyambung kendaraan umum lain menuju Kramat yang hanya sekitar 2 kilometer saja jaraknya.
Suasana di antara Peron satu dan dua Stasiun Jatinegara
penampakan suasana di Stasiun Jatinegara

Kesimpulannya

Memang pada akhirnya semua akan sampai, tapi jika kau memilih perjalanan di Kereta Commuter Line selama 1 jam dan perjalan di kereta selama 30 menit, kamu pilih mana? mau cepat sampai atau memang mau jalan-jalan keliling kota Jakarta? Well, it's up to you Buddy!

Baca Juga Peta Commuter Line Jabodetabek

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
30 September 2016 17.07 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
30 September 2016 17.11 delete

kalau jatinegara ke bogor memang betul enakan naik ke manggarai, cm 1 sta,dan di manggarai banyak kereta tujuan depok/bogor

Reply
avatar
30 September 2016 17.16 delete

manggarai-kramat, ya beneran naik arah tanah abang kp bandan,kemayoran kramat lah, 1x naik, dari pada naik langsung ke jatinegara, ganti kereta lagi dan menunggu kereta arah ke sta kramat. nunggu kereta jatinegara-bogor via kramat,jauh lebih lama, daripada langsung manggarai-kramat, tapi tergantung kereta mana yg datang duluan di sta manggarai nya sih.

Reply
avatar
riski akbar
AUTHOR
3 Januari 2017 23.46 delete

atau turun di manggarai saja trus lanjut naik ojek ke kramat, hehehe..

Reply
avatar