7 Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
Suasana perjalanan mudik penuh sesak oleh kendaraan bermotor.
Oke, jika di artikel sebelumnya 'Ini Mobil Yang Paling Nyaman Untuk Mudik' kita membahas beberapa pilihan kendaraan roda empat sebagai alternatif transportasi bagi Kalian yang tidak kebagian tiket kereta api untuk pulang kampung alias mudik, kali ini kita bahas beberapa tips bagi kalian yang mungkin berencana mudik dengan menggunakan motor. Yaa, masih mending lah naik motor Bro, daripada naik sepeda, bisa rontok tu dengkul! Wkwkwk. 😂🚴

Btw Bro, mudik naik motor nyatanya memang seru dan menantang. Seru karena mudik dengan motor terbukti lebih ekonomis dibanding mudik dengan kendaraan umum lain. Menantang karena mudik dengan motor memungkinkan kamu berhadapan dengan situasi jalan raya yang lebih padat dan tidak terprediksi dari hari-hari biasanya. Nah, untuk lebih mempersiapkan diri dalam melaksanakan mudik dengan motor, berikut ini 7 poin penting yang kamu harus bawa atau persiapkan sebelum mudik bermotor dengan nyaman, aman, dan menyenangkan. (Aamiin!) 

1. Perlengkapan Pribadi dan Alat Komunikasi

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
perlengkapan mudik sepeda motor
Sebelum melaksanakan mudik dengan motor, Kamu tentunya perlu memperhatikan perlengkapan pribadi yang dipakai dan dibawa saat pelaksanaan mudik. Helm, jaket, sarung tangan, dan masker tentunya merupakan perlengkapan yang wajib dipakai saat berkendara selama perjalanan mudik. Sediakan pula jas hujan untuk memudahkan mobilitas perjalanan kamu jika terjadi cuaca yang kurang mendukung. Bawa juga cadangan sepatu atau sendal yang memudahkan kamu untuk tetap dalam posisi nyaman jika terjebak hujan di perjalanan. Jika dirasa perlu, kamu pun bisa membawa beberapa obat-obatan pribadi yang praktis, seperti minyak aroma terapi untuk mengatasi pusing selama berkendara. 

Alat komunikasi seperti handphone pun menjadi benda yang tidak bisa kamu tinggalkan. Persiapkan handphone kamu dengan kondisi baterai penuh sebelum berangkat. Sediakan cukup pulsa dan kuota internet untuk membantu Kamu menggunakan GPS dan berkomunikasi dengan rekan jika diperlukan selama mudik. Kamu pun bisa membawa power bank untuk mengantisipasi kehabisan baterai saat perjalanan mudik. 

2. Surat-Surat Penting

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
surat-surat penting yang harus dibawa selama mudik
STNK, SIM, dan KTP tentunya merupakan surat-surat penting yang wajib dibawa di jalan Bro, apalagi saat mudik, surat-surat ini harus banget ikut aktivitas Kamu selama berkendara dengan menggunakan motor. Saat mudik, pemeriksaan terhadap kendaraan bermotor biasanya dilakukan oleh aparat penegak hukum setempat demi berlangsungnya ketertiban pengendara dalam berlalu-lintas. Surat-surat penting ini juga akan memudahkan Kamu jika dihadapkan dengan hal-hal yang tidak terduga dan mungkin terjadi selama Kamu berkendara saat mudik.

3. Jalur Alternatif

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
rencanakan jalur alternatif saat mudik naik motor
Mengendarai motor saat mudik tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara motor. Pasalnya, jalur-jalur transportasi akan menjadi lebih padat daripada waktu-waktu biasanya. Motor memungkinkan Kamu memiliki kesempatan untuk menghindari macet saat mudik. Jika kamu akan menggunakan motor untuk melaksanakan mudik, ada baiknya Kamu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui motor selama mudik baik itu melalui GPS atau pun sumber informasi lainnya. Cek semua jalan-jalan tikus, kalau perlu sampai jalan kecoa dan semut sekalian Bro! 😁

4. Posko Istirahat Mudik

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
rencanakan posko istirahat saat perjalanan mudik naik motor
Hal yang perlu menjadi perhatian khusus bagi para pemudik yang menggunakan motor adalah stamina. Jaga stamina tubuhmu dengan beristirahat dalam waktu berkala di posko istirahat mudik setempat. Ada baiknya Kamu tentukan sebelum berangkat, posko mana saja yang akan Kamu singgahi, semacam check point gitu lah, tidak melulu harus posko resmi, bisa masjid, restoran, SPBU ataupun rest area. Selain mengistirahatkan tubuh, Kamu pun bisa memeriksa performa motormu dengan fasilitas yang biasanya disediakan disekitar posko istirahat mudik tersebut. Jangan sekali-kali memaksakan diri untuk cepat sampai tujuan akhir mudik jika tubuhmu dirasa benar-benar perlu beristirahat. Apalagi ngantuk, jangan dilawan Bro, ini masalah nyawa! 😤

5. Bensin

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
perhatikan persediaan bahan bakar selama mudik naik motor
Persoalan bensin tentunya menjadi persoalan yang wajib diperhatikan oleh pengendara bermotor saat melaksanakan mudik. Selalu cukupi kebutuhan bensin motor Kamu sebelum berangkat dan pantau terus stok bensin selama berkendara. Ada baiknya Kamu mengisi bensin di saat stok bensin belum mendekati garis limit habis bensin. Usahakan tidak menunda untuk mengisi bensin di SPBU yang Kamu temui, karena saat mudik segala sesuatunya (seperti kehabisan stok bensin di SPBU secara mendadak) bisa saja terjadi. Jangan sampai mogok di tengah jalan. Ada baiknya bawa cadangan bensin dalam beberapa botol tersendiri.

6. Performa Motor

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
ganti sparepart motor yang kondisinya kurang baik sebelum mudik

Kondisi motor menentukan kenyamanan dan keselamatan Kamu saat berkendara. Kamu wajib memastikan motormu dalam performa yang paling baik saat mudik. Periksa kondisi motormu secara rinci dari jauh-jauh hari sebelum melaksanakan mudik. Bila perlu, bawa motormu ke bengkel dan ganti beberapa bagian motormu yang sekiranya sudah tidak memiliki performa yang baik. Biasanya sih ban, busi, rantai, gear, kampas rem, dan oli. Jangan sayang duit Bro, tapi sayang istri! 😀

7. Kesehatan Fisik

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik dengan Motor
mudik naik motor perlu kesiapan secara fisik
Terakhir dan terpenting, fisik menjadi faktor utama yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan mudik. Utamanya bagi Kamu yang menggunakan motor saat mudik, pemudik bermotor membutuhkan stamina yang baik sebelum melaksanakan mudik. Biasakan makan makanan bergizi sebelum mudik, hindari makan makanan yang bisa mengundang datangnya penyakit, apalagi penyakit kambuhan dan alergi. Jaga pola tidur dan tetap perhatikan kesehatan agar perjalanan mudik bermotormu dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala dari ketidaksiapan fisikmu sendiri.

Berhati-hatilah dan jaga keselamatan berkendara. Selamat melaksanakan mudik Bro! Titidije! Jangan lupa oleh-olehnya! Bye! Maaf lahir batin ya! Salam buat keluarga di kampung! Lanjut Bro! Yudadahbabay! Yoo!

Baca juga: Ini Dia 7 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »