Cara Tercepat Naik Kereta KRL Commuter Line ke Kebun Raya Bogor

Cara ke Kebun Raya Bogor Naik Kereta KRL
Naik Kereta ke Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor merupakan sebuah kawasan botani besar yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini memiliki luas sebesar 87 hektar serta menampung sebanyak 15 ribu jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Kebun Raya Bogor biasanya sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar Ibu Kota Jakarta sebagai salah satu alternatif destinasi tempat wisata dan tamasya keluarga, terutama di hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur lainnya.

Cara ke Kebun Raya Bogor Naik Kereta KRL
Denah Kebun Raya Bogor
Pada awalnya tahun 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles (yang mendiami Istana Bogor) memiliki minat yang besar dalam bidang botani. Dia tertarik untuk mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun botani yang indah dan menawan. Dengan dibantu para ahli botani, Gubernur Raffles menyulap halaman istana tersebut menjadi sebuah taman botani bergaya Inggris klasik. Inilah awal mula terbentuknya Kebun Raya Bogor.

Cara ke Kebun Raya Bogor Naik Kereta KRL
Peta Lokasi Stasiun Bogor dan Kebun Raya Bogor (klik untuk memperbesar gambar)
Salah satu akses utama bagi masyarakat sekitar kota Jakarta untuk menuju ke Kebun Raya Bogor tentu melalui Tol Jagorawi atau pun Jalan Raya Bogor. Namun, mengingat kondisi lalu lintas sekitar daerah Ibu Kota yang hanya sepi ketika lebaran dan tengah malam, alternatif transportasi umum yang cukup memadai adalah dengan menggunakan kereta Commuter Line (KRL) Jabodetabek.

Baca juga : Cara Naik KRL Jakarta (Commuter Line)

Berikut ini beberapa tips bagi Kamu yang ingin menggunakan fasilitas transportasi umum dan naik Kereta Commuter Line (KRL) Jabodetabek untuk menuju ke tempat wisata Kebun Raya Bogor.

Naik Kereta KRL Ke Kebun Raya Bogor dari Arah Stasiun Bekasi - Jatinegara

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Bekasi, kamu bisa beli tiket tujuan Stasiun Tanjung Barat dan naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota (yang melewati Stasiun Manggarai - Cikini - Juanda - Jakarta Kota) kemudian turun di Stasiun Manggarai. Apabila kereta yang kamu tumpangi bertujuan Jakarta Kota namun lewat Stasiun Pasar Senen maka tidak perlu khawatir. Kamu bisa turun di Stasiun Jatinegara kemudian melanjutkan perjalanan di Stasiun Jatinegara dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Jakarta Kota di belakangnya yang melewati Stasiun Manggarai. Kemudian Kamu bisa pindah kereta di Stasiun Manggarai dan naik KRL tujuan Depok atau Bogor, biasanya tersedia di jalur 6, namun terkadang di jalur 7 dan juga di jalur 5 (kereta balik), perhatikan selalu pengumuman dan informasi dari petugas peron. Kemudian Kamu bisa turun di Stasiun Bogor (pemberhentian terakhir). Jarak dari Stasiun Bogor menuju ke Pintu II Kebun Raya Bogor sekitar 1 kilometer dan bisa Kamu tempuh dengan berjalan kaki (cek menuju kebun raya bogor berjalan kaki). Kamu juga bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot merah No 29 (setelah re-routing per 30 Maret 2017) trayek Pabuaran – Terminal Merdeka dan turun di Pintu III Kebun Raya Bogor (cek ke kebun raya naik angkot). Atau Kamu juga bisa menggunakan ojek yang banyak menunggu di sekitar pintu keluar Stasiun Bogor.

Naik Kereta KRL Ke Kebun Raya Bogor dari Arah Stasiun Jakarta Kota

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Kota, kamu hanya perlu naik Kereta KRL tujuan Stasiun Bogor dan turun di Stasiun Bogor (pemberhentian terakhir). Apabila kereta yang Kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai maka tidak perlu khawatir, Kamu bisa menunggu kereta tujuan Depok/Bogor berikutnya yang biasanya tersedia di jalur 6 Stasiun Manggarai, terkadang jalur 7 ataupun jalur 5 (kereta balik), perhatikan selalu pengumuman dan informasi dari petugas peron. Jarak dari Stasiun Bogor menuju ke Pintu II Kebun Raya Bogor sekitar 1 kilometer dan bisa Kamu tempuh dengan berjalan kaki (cek menuju kebun raya bogor berjalan kaki). Kamu juga bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot merah No 29 (setelah re-routing per 30 Maret 2017) trayek Pabuaran – Terminal Merdeka dan turun di Pintu III Kebun Raya Bogor (cek ke kebun raya naik angkot). Atau Kamu juga bisa menggunakan ojek yang banyak menunggu di sekitar pintu keluar Stasiun Bogor.


Cara ke Kebun Raya Bogor Naik Kereta KRL
Suasana di Pintu Masuk Stasiun Bogor

Naik Kereta KRL Ke Kebun Raya Bogor dari Arah Stasiun Tangerang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Tangerang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Duri (beli tiketnya tujuan Stasiun Tanjung Barat), kemudian pindah kereta commuter line di Stasiun Duri dengan KRL tujuan Stasiun Manggarai - Depok/Bogor). Apabila kereta yang Kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai maka tidak perlu khawatir, Kamu bisa menunggu kereta tujuan Depok/Bogor berikutnya yang biasanya tersedia di jalur 6 Stasiun Manggarai, terkadang jalur 7 ataupun jalur 5 (kereta balik), perhatikan selalu pengumuman dan informasi dari petugas peron. Kemudian Kamu bisa turun di Stasiun Bogor (pemberhentian terakhir). Jarak dari Stasiun Bogor menuju ke Pintu II Kebun Raya Bogor sekitar 1 kilometer dan bisa Kamu tempuh dengan berjalan kaki (cek menuju kebun raya bogor berjalan kaki). Kamu juga bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot merah No 29 (setelah re-routing per 30 Maret 2017) trayek Pabuaran – Terminal Merdeka dan turun di Pintu III Kebun Raya Bogor (cek ke kebun raya naik angkot). Atau Kamu juga bisa menggunakan ojek yang banyak menunggu di sekitar pintu keluar Stasiun Bogor.

Naik Kereta KRL Ke Kebun Raya Bogor dari Arah Stasiun Serpong - Parung Panjang

Untuk Kamu yang datang dari arah Stasiun Serpong - Parung Panjang, kamu bisa beli tiket commuter line tujuan Stasiun Tanjung Barat dan naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Tanah Abang. Kemudian pindah kereta commuter line di Stasiun Tanah Abang dengan KRL tujuan Stasiun Manggarai - Depok/Bogor). Apabila kereta yang Kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai maka tidak perlu khawatir, Kamu bisa menunggu kereta tujuan Depok/Bogor berikutnya yang biasanya tersedia di jalur 6 Stasiun Manggarai, terkadang jalur 7 ataupun jalur 5 (kereta balik), perhatikan selalu pengumuman dan informasi dari petugas peron. Kemudian Kamu bisa turun di Stasiun Bogor (pemberhentian terakhir). Jarak dari Stasiun Bogor menuju ke Pintu II Kebun Raya Bogor sekitar 1 kilometer dan bisa Kamu tempuh dengan berjalan kaki (cek menuju kebun raya bogor berjalan kaki). Kamu juga bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot merah No 29 (setelah re-routing per 30 Maret 2017) trayek Pabuaran – Terminal Merdeka dan turun di Pintu III Kebun Raya Bogor (cek ke kebun raya naik angkot). Atau Kamu juga bisa menggunakan ojek yang banyak menunggu di sekitar pintu keluar Stasiun Bogor.

Demikian tips perjalanan Kereta KRL Commuter Line menuju ke lokasi Kebun Raya Bogor di Kota Hujan, Bogor, Jawa Barat. Hati-hati di jalan dan selamat liburan!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »