Sukses, Hasil Sebuah Proses Perjuangan

Alkisah

Dahulu, di Jepang, ada seorang anak laki-laki, dikatakan pintar juga tidak, malah sakit-sakitan. Tidak ganteng, di kelas duduknya paliiiiiing belakang karena takut disuruh maju ke depan oleh sang guru.

Tiap hari menemani ayahnya di bengkel reparasi mesin pertanian di desa Kamyo distrik Shizuko. Di usia 8 tahun, dia mampu mengayuh sepeda sejauh 14 km hanya untuk melihat pesawat terbang.

Ketika usia 15 tahun, dia putus sekolah dan bekerja di bengkel mesin tepatnya di Hary Shokai Company. Atas sikapnya yang rajin, pda usia 21 tahun dia dipercayakan untuk mengelola kantor cabang.

kata kata bijak

Jatuh

Bengkelnya maju pesat. Tapi dia tak puas dan memutuskan jadi wirausaha dengan membuka bengkel miliknya sendiri. Kemudian mencoba memproduksi ring piston untuk ditawarkan ke pasar industri otomotif. Namun sayang, TOYOTA menolak karyanya karena dianggap jauh dari standar. Merasa dibully dan diejek, dia sedih dan jatuh sakit.

Setelah sembuh, dia putuskan untuk kuliah mencari ilmu. Namun dia drop out dan tidak bisa meneruskan kuliah. Dia berusaha dan mencoba dan selalu gagal, berkali-kali.

Tahun 1947, Jepang porak poranda, hidupnya makin parah. Semua barang yang tersisa dijual untuk kebutuhan sehari hari.

Dari kondisi inilah Titik balik kehidupannya berubah.

Bangkit

Satu-satunya yang dia miliki ketika itu adalah sebuah sepeda kayuh. Dia pasang motor kecil di sepeda nya. Dan tanpa disangka, sepeda bermotor itulah yang merubah hidupnya. Banyak orang yang ingin membelinya. Maka dia mulai memproduksi banyak hasil karyanya itu.

Usahanya berkembang pesat hingga merambah produksi mobil hingga menggurita di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Dia menjadi Founding Father yang melegenda. Dia adalah SOICHIRO HONDA, pemilik perusahaan otomotif raksasa HONDA dari Jepang.

Kisah Sukses Soichiro Honda
Kisah Sukses Soichiro Honda
"....Tidak ada sukses tanpa perjuangan...." begitulah kutipan salah satu ucapannya.

"Orang hanya melihat saat ini di saat aku berdiri dengan deretan mobil dengan segala kesuksesanku. Ketahuilah itu hanya 1% keberhasilanku 99% adalah kegagalanku jarang orang yang mau melihatnya."

Orang lebih terkesima dengan hasil kesuksesan tanpa mau melihat bagaimana kesuksesan itu dibentuk melalui sebuah proses yang berat, susah payah, jatuh bangun, dicaci, diejek, dibully, dikhianati, diremehkan.

Sukses butuh semangat pantang menyerah,  perjuangan dan doa, bahkan darah dan air mata.

kata kata bijak Soichiro Honda
Soichiro Honda
Demikian. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »