Cara Tercepat ke Kota Tua dan Taman Fatahillah Naik Kereta KRL Commuter Line

Kota Tua Jakarta, dikenal juga dengan julukan Batavia Lama (Oud Batavia), merupakan sebuah kawasan kecil di Jakarta dengan luas 1,3 kilometer persegi meliputi sebagian wilayah Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka. Dahulu pada abad ke-16, wilayah ini dikenal sebagai "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" karena dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia serta lokasinya yang sangat strategis dan memiliki sumber daya yang melimpah.
Cara Naik Kereta KRL ke Kota Tua dan Taman Fatahillah jakarta kota
Cara Naik Kereta KRL ke Kota Tua
Tahun 1972, Gubernur Jakarta, Ali Sadikin, mengeluarkan dekret yang resmi menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan. Keputusan gubernur ini ditujukan untuk melindungi sejarah arsitektur kota — atau setidaknya bangunan yang masih tersisa di sana. Saat ini, banyak bangunan dan arsitektur bersejarah yang masih bertahan seperti: Museum Sejarah Jakarta (bekas Balai Kota Batavia, kantor dan kediaman Gubernur Jenderal VOC), Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Museum Bank Indonesia.
Cara Naik Kereta KRL ke Kota Tua dan Taman Fatahillah jakarta kota
Ke Taman Fatahillah Jakarta Kota Naik Kereta KRL
Di wilayah tersebut juga terdapat salah satu destinasi wisata yaitu Taman Fatahillah (Stadhuisplein). Taman ini dikelilingi oleh beberapa bangunan tua seperti Museum Fatahillah (bekas Balai Kota Jakarta), Museum Wayang, Kantor Pos Kota, dan Museum Seni Rupa dan Keramik (bekas gedung Pengadilan Tinggi Batavia). Hampir setiap acara yang diadakan di kawasan kota tua selalu menjadikan taman Fatahillah sebagai pusat venue atau panggung utama. Hampir setiap harinya taman ini menjadi area tamasya para wisatawan lokal maupun asing untuk sekedar berjalan-jalan ataupun naik sepeda, bertemu teman, kerabat, dan juga untuk mengenang sejarah kota Jakarta.
Cara Naik Kereta KRL ke Kota Tua dan Taman Fatahillah jakarta kota
Suasana di Taman Fatahillah - Kota Tua Jakarta Kota
Salah satu cara untuk menuju ke Kota Tua dan Taman Fatahillah dengan angkutan umum adalah dengan menggunakan busway TransJakarta koridor 1 kemudian turun di Halte Stasiun Kota. Namun, mengingat lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah yang terletak di tengah keramaian kota Jakarta, serta lalu lintas Ibu Kota yang hanya sepi ketika lebaran dan tengah malam, mungkin alternatif transportasi yang cukup memadai adalah dengan menggunakan KRL Commuter Line Jabodetabek.

Baca juga : Cara Naik KRL Jakarta (Commuter Line)

Berikut ini beberapa tips bagi Kamu yang ingin menggunakan fasilitas transportasi umum dan naik Kereta KRL Commuter Line Jabodetabek untuk menuju ke lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah di Jakarta Kota.
Cara Naik Kereta KRL ke Kota Tua Jakarta dan Taman Fatahillah
Peta Lokasi Taman Fatahillah - Kota Tua Jakarta dan Stasiun Jakarta Kota (klik untuk memperbesar gambar)

Naik Kereta KRL Ke Kota Tua dan Taman Fatahillah dari Arah Stasiun Bekasi - Jatinegara

Untuk Kamu yang datang dari arah Stasiun Bekasi, Kamu hanya perlu naik Kereta KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota, baik via Manggarai ataupun via Pasar Senen, kemudian turun di stasiun pemberhentian terakhir yaitu Stasiun Jakarta Kota, apabila kereta yang kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai, tidak perlu khawatir, Kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Jakarta Kota lainnya yang datang dari arah Stasiun Depok atau Stasiun Bogor atau kereta di belakangnya. Jarak dari Stasiun Jakarta Kota menuju lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah hanya sekitar 200 meter saja (2 kali panjang peron stasiun), Kamu bisa melanjutkan perjalanan cukup dengan berjalan kaki ke arah utara (arah kanan keluar stasiun).

Naik Kereta KRL Ke Kota Tua dan Taman Fatahillah dari Arah Stasiun Bogor - Depok

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Bogor ataupun Depok, kamu juga hanya perlu naik Kereta KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di stasiun pemberhentian terakhir yaitu Stasiun Jakarta Kota, apabila kereta yang kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai, tidak perlu khawatir, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Jakarta Kota lainnya yang datang dari arah Stasiun Bekasi atau kereta di belakangnya. Jarak dari Stasiun Jakarta Kota menuju lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah hanya sekitar 200 meter saja (2 kali panjang peron stasiun), Kamu bisa melanjutkan perjalanan cukup dengan berjalan kaki ke arah utara (arah kanan keluar stasiun).

Naik Kereta KRL Ke Kota Tua dan Taman Fatahillah dari Arah Stasiun Tangerang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Tangerang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Duri (beli tiketnya tujuan Stasiun Jakarta Kota), kemudian pindah kereta commuter line dengan tujuan Stasiun Angke - Kampung Bandang - Kemayoran - Jatinegara. (cek juga Peta Kereta KRL Commuter Line). Hanya dua stasiun dari Stasiun Duri, Kamu bisa langsung turun di Stasiun Kampung Bandan dan pindah kereta KRL dengan tujuan Jakarta Kota yang datang dari arah Pasar Senen - Kemayoran, hanya satu stasiun saja dari sana Kamu akan tiba di Stasiun Jakarta Kota. Jarak dari Stasiun Jakarta Kota menuju lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah hanya sekitar 200 meter saja (2 kali panjang peron stasiun), Kamu bisa melanjutkan perjalanan cukup dengan berjalan kaki ke arah utara (arah kanan keluar stasiun).

Naik Kereta KRL Ke Kota Tua dan Taman Fatahillah dari Arah Stasiun Serpong - Parung Panjang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Serpong - Parung Panjang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Tanah Abang (beli tiketnya tujuan Stasiun Kampung Bandan), kemudian pindah kereta commuter line dengan tujuan Stasiun Duri - Angke - Kampung Bandang - Kemayoran - Jatinegara. (cek juga Peta Kereta KRL Commuter Line). Kamu bisa turun di Stasiun Kampung Bandan dan pindah kereta KRL dengan tujuan Jakarta Kota yang datang dari arah Pasar Senen - Kemayoran, hanya satu stasiun saja dari sana Kamu akan tiba di Stasiun Jakarta Kota. Jarak dari Stasiun Jakarta Kota menuju lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah hanya sekitar 200 meter saja (2 kali panjang peron stasiun), Kamu bisa melanjutkan perjalanan cukup dengan berjalan kaki ke arah utara (arah kanan keluar stasiun).

Demikian tips perjalanan Kereta KRL Commuter Line menuju ke lokasi Kota Tua dan Taman Fatahillah di wilayah Jakarta Kota, semoga bermanfaat dan selamat bertamasya!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »