Cara Tercepat ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Naik Kereta KRL Commuter Line

Cara Naik KRL Commuter Line ke Stadion Utama Senayan
Cara Tercepat ke Stadion Utama Senayan Naik Kereta KRL Commuter Line
Stadion Utama Gelora Bung Karno (disingkat GBK) adalah sebuah stadion serbaguna di pusat wilayah Ibu Kota Jakarta yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini seringkali digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola tingkat nasional dan internasional.

Dengan bermodalkan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS pada awal fase dibangunnya (1958-1962), Stadion ini memiliki kapasitas 120.000 orang dan menjadi salah satu stadion terbesar di dunia pada saat itu. Namun menjelang Piala Asia di tahun 2007, dilakukan renovasi yang malah mengurangi kapasitas stadion menjadi 88 ribu penonton. Nama 'Stadion Utama Gelora Bung Karno' pun sempat diubah menjadi 'Stadion Utama Senayan' pada tahun 1984, kemudian setelah bergulirnya gelombang reformasi sekitar tahun 1998, nama Stadion ini pun dikembalikan seperti semula pada tahun 2001.
Cara Naik Kereta KRL ke Stadion Utama Senayan
suasana di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat
Selain digunakan untuk tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola nasional dan internasional, Stadion GBK juga seringkali dipakai untuk berbagai macam kegiatan besar, baik keagamaan, peringatan hari besar nasional, kampanye politik, tes ujian masuk CPNS, maupun acara konser musik.

Mengingat lokasinya yang sangat strategis di tengah jantung ibu kota Jakarta dan juga Gedung Perkantoran serta kawasan bisnis Sudirman (SCBD), tentu perlu dipertimbangkan alternatif transportasi menuju ke lokasi Stadion Utama Senayan, salah satunya yaitu dengan menggunakan Kereta KRL Commuter Line.
cara ke senayan naik kereta KRL
Peta Jarak Stadion Senayan dari Stasiun KRL/ Kereta Commuter Line (klik gambar untuk memperbesar)
Seperti yang bisa Kamu lihat dari gambar peta di atas, bahwa stasiun terdekat dari lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan adalah Stasiun Sudirman (dukuh atas) yang jaraknya sekitar 3-4 kilometer dan juga Stasiun Palmerah yang hanya berjarak 1-2 kilometer saja. Jadi jika Kamu menggunakan kereta KRL commuter line menuju lokasi Stadion GBK Senayan, Kamu bisa turun di Stasiun Sudirman ataupun di Stasiun Palmerah, tergantung dari Stasiun mana Kamu berangkat. Berikut ini beberapa Tips Cara Tercepat ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Naik Kereta KRL Commuter Line:

Naik Kereta KRL Ke Stadion Utama GBK Senayan dari Arah Stasiun Bekasi - Jatinegara

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Bekasi, kamu bisa naik Kereta KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota (beli tiketnya tujuan Stasiun Sudirman) dan turun di Stasiun Manggarai, kemudian Kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Stasiun Sudirman - Karet - Tanah Abang (biasanya di jalur 5 atau jalur 7) dan turun di Stasiun Sudirman (keluar Stasiun Sudirman melalui lantai atas, naik tangga terlebih dahulu, berjalan ke sisi kiri dari arah datangnya kereta). Jarak dari Stasiun Sudirman menuju ke lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan sekitar 3-4 kilometer, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan menggunakan Kopaja P 19 arah Blok M / Cilandak. Pilihan lainnya, Kamu juga jalan ke Halte Busway Dukuh Atas lalu naik bus TransJakarta/Busway koridor 1 arah Blok M dan turun di seberang pintu 1 Senayan tepatnya di Halte Busway Gelora Bung Karno (GBK). Atau, Kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi online.

Naik Kereta KRL Ke Stadion Utama GBK Senayan dari Arah Stasiun Bogor - Depok

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Bogor ataupun Depok, kamu bisa naik Kereta KRL tujuan Stasiun Tanah Abang - Jatinegara, apabila kereta yang kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai, tidak perlu khawatir, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Stasiun Sudirman - Karet - Tanah Abang di belakangnya (biasanya di jalur 5 atau jalur 7) dan jangan lupa untuk turun di Stasiun Sudirman. Jarak dari Stasiun Sudirman menuju ke lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan sekitar 3-4 kilometer, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan menggunakan Kopaja P 19 arah Blok M / Cilandak. Pilihan lainnya, Kamu juga jalan ke Halte Busway Dukuh Atas lalu naik bus TransJakarta/Busway koridor 1 arah Blok M dan turun di seberang pintu 1 Senayan tepatnya di Halte Busway Gelora Bung Karno (GBK). Atau, Kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi online.

Naik Kereta KRL Ke Stadion Utama GBK Senayan dari Arah Stasiun Tangerang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Tangerang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Duri, kemudian di Stasiun Duri pindah kereta commuter line dengan tujuan Stasiun Manggarai - Depok/Bogor dan turun di Stasiun Sudirman. Jarak dari Stasiun Sudirman menuju ke lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan sekitar 3-4 kilometer, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan menggunakan Kopaja P 19 arah Blok M / Cilandak. Pilihan lainnya, Kamu juga jalan ke Halte Busway Dukuh Atas lalu naik bus TransJakarta/Busway koridor 1 arah Blok M dan turun di seberang pintu 1 Senayan tepatnya di Halte Busway Gelora Bung Karno (GBK). Atau, Kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi online.

Atau, dari Stasiun Duri pindah kereta commuter line dengan tujuan Stasiun Manggarai - Depok/Bogor dan turun di Tanah Abang, kemudian pindah kereta commuter line di Stasiun Tanah Abang dengan KRL tujuan Serpong - Parung Panjang dan turun di Stasiun Palmerah (hanya satu stasiun dari Stasiun Tanah Abang). Jarak dari Stasiun Palmerah menuju ke lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan sekitar 1-2 kilometer saja, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek yang tersedia di sekitar Stasiun Palmerah, jasa transportasi online, ataupun dengan menggunakan bus feeder TransJakarta arah Jalan Jendral Sudirman kemudian turun di Jalan Gerbang Pemuda Senayan tepatnya di halte busway Senayan JCC.

Naik Kereta KRL Ke Stadion Utama GBK Senayan dari Arah Stasiun Serpong - Parung Panjang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Serpong - Parung Panjang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Tanah Abang kemudian turun di Stasiun Palmerah. Jarak dari Stasiun Palmerah menuju ke lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan sekitar 1-2 kilometer saja, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek yang tersedia di sekitar Stasiun Palmerah, jasa transportasi online, ataupun dengan menggunakan bus feeder TransJakarta arah Jalan Jendral Sudirman kemudian turun di Jalan Gerbang Pemuda Senayan tepatnya di halte busway Senayan JCC.

Lihat juga Peta KRL Commuter Line Jabodetabek.

Sedangkan bagi Kamu yang ingin menuju lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan dari arah Stasiun Kota, sepertinya akan lebih cepat dan lebih mudah untuk menggunakan Bus Transjakarta, tarifnya pun tidak jauh berbeda, sama-sama murahnya.

Demikian tips perjalanan Kereta KRL Commuter Line menuju ke lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta Pusat, semoga bermanfaat dan selalu perhatikan barang bawaan Kamu! Salam Olahraga!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »