Cara Tercepat ke Gedung DPR RI Naik Kereta KRL Commuter Line

Cara Naik Kereta KRL ke Gedung DPR RI
Cara Tercepat ke Gedung DPR RI Naik Kereta KRL Commuter Line
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau disingkat DPR-RI merupakan salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia. DPR terdiri dari anggota-anggota partai politik yang dipilih melalui proses pemilihan umum.
Cara Naik Kereta KRL ke Gedung DPR RI
Suasana di dalam gedung DPR RI Jakarta Pusat
Gedung DPR RI berada di dalam area Kompleks Parlemen yang mulai didirikan pada 8 Maret 1965. Ketika itu, Presiden Soekarno mencetuskan penyelenggaraan acara Conference of the New Emerging Forces (CONEFO). Saat ini Komplek Parlemen terdiri dari Gedung Nusantara yang berbentuk kubah, Nusantara I atau Lokawirasabha, Nusantara II, Nusantara III, Nusantara IV, dan Nusantara V. Di tengah halaman terdapat air mancur. Selain itu juga berdiri Gedung Sekretariat Jenderal, kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan sebuah Masjid.
Cara Naik Kereta KRL ke Gedung DPR RI
Suasana Gerbang Gedung DPR RI ketika berlangsung kegiatan demonstrasi
Lokasi Kompleks Parlemen masuk ke dalam wilayah Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebelah barat berbatasan dengan Jalan Gelora, sebelah selatan dengan Kompleks Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kompleks Televisi Republik Indonesia (TVRI), dan Komplek Taman Ria Senayan, di sebelah timur berbatasan dengan Jalan Gatot Subroto, dan Kompleks Kementerian Kehutanan (Gedung Manggala Wanabakti) di sebelah utaranya.

Alamat Gedung DPR RI

Lokasi Gedung DPR RI tepatnya berada di alamat Jl. Jenderal Gatot Subroto RT.1/RW.3, Senayan, Kebayoran Baru, RT.1/RW.3, Gelora, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270, Indonesia.

Akses utama menuju ke lokasi Gedung DPR RI atau Kompleks Parlemen adalah Tol Dalam Kota (Tol S, Parman) atau Jalan Jenderal Gatot Subroto. Namun, mengingat lokasinya yang sangat strategis tepat di jantung ibu kota Jakarta, tentu perlu dipertimbangkan alternatif transportasi menuju ke lokasi Gedung DPR RI, salah satunya yaitu dengan menggunakan Kereta KRL Commuter Line.
Cara Naik Kereta KRL ke Gedung DPR RI
Peta jarak dan lokasi dari stasiun KRL ke Gedung DPR RI (klik untuk memperbesar gambar)
Seperti yang bisa Kamu lihat dari gambar peta di atas, bahwa stasiun terdekat dari lokasi Gedung DPR RI adalah Stasiun Karet yang jaraknya sekitar 3 kilometer dan juga Stasiun Palmerah yang hanya berjarak 500 meter saja. Jadi jika Kamu menggunakan kereta KRL commuter line menuju lokasi JCC Senayan, Kamu bisa turun di Stasiun Karet ataupun di Stasiun Palmerah, tergantung dari Stasiun mana Kamu berangkat. Berikut ini beberapa Tips Cara Tercepat ke Gedung DPR RI Naik Kereta KRL Commuter Line:
Baca juga : Cara Naik KRL Jakarta (Commuter Line)

Naik Kereta KRL Ke Gedung DPR RI dari Arah Stasiun Bekasi - Cikarang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Bekasi ataupun Cikarang, kamu bisa naik Kereta KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota (beli tiketnya tujuan Stasiun Karet) dan turun di Stasiun Manggarai, kemudian Kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Stasiun Sudirman - Karet - Tanah Abang (biasanya di jalur 5 atau jalur 7) dan turun di Stasiun Karet. Jarak dari Stasiun Karet menuju ke lokasi Gedung DPR RI sekitar 3 kilometer melalui Jalan Penjernihan dan Jalan Gatot Subroto, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan menggunakan Kopaja 615 jurusan Tanah Abang – Lebak Bulus, ataupun menggunakan taksi dan jasa transportasi online lainnya.

Naik Kereta KRL Ke Gedung DPR RI dari Arah Stasiun Bogor - Depok

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Bogor ataupun Depok, kamu bisa naik Kereta KRL tujuan Stasiun Tanah Abang - Jatinegara, apabila kereta yang kamu tumpangi hanya sampai Stasiun Manggarai, tidak perlu khawatir, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Stasiun Sudirman - Karet - Tanah Abang di belakangnya (biasanya di jalur 5 atau jalur 7) dan jangan lupa untuk turun di Stasiun Karet. Jarak dari Stasiun Karet menuju ke lokasi Gedung DPR RI sekitar 3 kilometer melalui Jalan Penjernihan dan Jalan Gatot Subroto, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan naik Kopaja 615 jurusan Tanah Abang – Lebak Bulus, ataupun menggunakan taksi dan jasa transportasi online lainnya.

Naik Kereta KRL Ke Gedung DPR RI dari Arah Stasiun Tangerang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Tangerang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Duri, kemudian di Stasiun Duri pindah kereta commuter line dengan tujuan Stasiun Manggarai - Depok/Bogor dan turun di Stasiun Karet. Jarak dari Stasiun Karet menuju ke lokasi Gedung DPR RI sekitar 3 kilometer melalui Jalan Penjernihan dan Jalan Gatot Subroto, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan menggunakan Kopaja 615 jurusan Tanah Abang – Lebak Bulus, ataupun menggunakan taksi dan jasa transportasi online lainnya.

Atau, dari Stasiun Duri pindah kereta commuter line dengan tujuan Stasiun Manggarai - Depok/Bogor dan turun di Tanah Abang, kemudian pindah kereta commuter line di Stasiun Tanah Abang dengan KRL tujuan Serpong - Parung Panjang dan turun di Stasiun Palmerah (hanya satu stasiun dari Stasiun Tanah Abang). Jarak dari Stasiun Palmerah menuju ke lokasi Gedung DPR RIsekitar 500 meter saja, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi dan ojek yang banyak tersedia di sekitar Stasiun Palmerah ataupun jasa transportasi online.

Naik Kereta KRL Ke Gedung DPR RI dari Arah Stasiun Serpong - Parung Panjang

Untuk kamu yang datang dari arah Stasiun Serpong - Parung Panjang, kamu bisa naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Tanah Abang kemudian turun di Stasiun Palmerah. Jarak dari Stasiun Palmerah menuju ke lokasi Gedung DPR RI sekitar 500 kilometer saja, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi dan ojek yang banyak tersedia di sekitar Stasiun Palmerah ataupun jasa transportasi online.

Lihat juga Peta KRL Commuter Line Jabodetabek.

Naik Kereta KRL Ke Gedung DPR RI dari Arah Stasiun Cikini - Jakarta Kota

Sedangkan bagi Kamu yang ingin menuju lokasi JCC Senayan dari arah Stasiun Kota, sepertinya akan lebih cepat dan lebih mudah untuk menggunakan Bus Transjakarta, tarifnya pun tidak jauh berbeda, sama-sama murahnya.

Namun jika kamu tetap ingin menggunakan KRL commuter line, kamu bisa naik Kereta KRL tujuan Stasiun Jakarta Depok - Bogor atau Bekasi - Cikarang (beli tiketnya tujuan Stasiun Karet) dan turun di Stasiun Manggarai, kemudian Kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan di Stasiun Manggarai dengan menggunakan Kereta KRL tujuan Stasiun Sudirman - Karet - Tanah Abang (biasanya di jalur 5 atau jalur 7) dan turun di Stasiun Karet. Jarak dari Stasiun Karet menuju ke lokasi Gedung DPR RI sekitar 3 kilometer melalui Jalan Penjernihan dan Jalan Gatot Subroto, Kamu bisa melanjutkan perjalan dengan menggunakan Kopaja 615 jurusan Tanah Abang – Lebak Bulus, ataupun menggunakan taksi dan jasa transportasi online lainnya.

Demikian tips perjalanan Kereta KRL Commuter Line menuju ke lokasi Gedung DPR RI di Jakarta Pusat, semoga bermanfaat dan selalu perhatikan barang bawaan Kamu, semoga selamat sampai tujuan!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »